BRI internet Banking

Cara Daftar BRI Internet Banking dan Keunggulan internet Banking BRI

BRI internet Banking – Kemudahan demi kemudahan dirasakan oleh masyarakat era sekarang ini. Sebelum adanya bank, orang menyimpan uang mereka dalam lemari atau dibawah bantal.

Semakin berkembangnya zaman, era itu telah diganti dengan banyaknya bermunculan Bank-bank baik swasta maupun asing.

Orang kini tidak pusing lagi untuk menyimpan uang mereka dalam jumlah yang besar. Tentu tidak hanya itu, fungsi bank kini semakin beragam. Banyak fasilitas yang diberikan kepada nasabah untuk mempermudah mereka dalam hal bertransaksi, salah satunya adalah Internet Banking.

Hampir semua bank kini memiliki fitur internet banking, salah satunya dan yang akan menjadi pokok bahasan kita adalah BRI internet banking.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap semua hal tentang BRI internet banking, mulai dari cara mendaftar internet banking BRI , keunggulan BRI internet banking dan perbedaan internet banking BRI dengan Mobile BRI.

Mari kita bahas satu persatu.


Cara Daftar BRI Internet Banking


BRI internet Banking
https://ib.bri.co.id/ib-bri/

Bagi yang terbiasa mungkin tidak susah untuk mendaftar internet banking BRI, tapi bagi yang belum sama sekali pasti akan bingung. Maka dari itu, saya akan menjelaskannya secara sederhana. Semoga bisa dipahami.

Persyaratan:

  • Kamu harus sudah menjadi nasabah bank BRI
  • Kamu sudah memiliki kartu ATM BRI
  • Kamu harus memilki no handphone yang sudah bekerjasama dengan Bank BRI (Telkomsel, Indosat, XL dan lain-lain)
  • Kamu harus memiliki email

Langkah-langkah membuat internet banking bank BRI

  • Cara pertama dan rekomendasi adalah dengan datang langsung ke kantor BRI. Temui CS-nya dan katakan jika kamu ingin membuka fasilitas BRI internet Banking.
  • Nantinya CS akan memberikan formulir untuk kamu isi.
  • Kemudian ikuti saja apa yang Customer Service katakan.
  • Siapkan nomer handphone kamu yang mau diintegrasikan dengan layanan ini.
  • Nantinya CS akan memintanya dan kamu disuruh memasukan password serta PIN.
  • Setelah itu, kamu akan menerima SMS yang isinya berupa kode aktivasi mToken.
  • Biasanya juga CS akan memberikan aplikasi mobile. Fungsi dari aplikasi ini adalah, kamu bisa bertansaksi online langsung dari handphone.
  • Nah, pembuatan BRI internet banking sudah selesai.

Cara diatas adalah dengan langsung mendatangi Customer Service bank BRI-nya. Ada cara lain yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan mesin ATM BRI. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pergilah ke ATM, lalu masukan ATM dan passwordnya.
  • Pencet Menu Lainnya.
  • Lalu tekan tombol Menu Registrasi.
  • Kemudian pilih menu Internet Banking.
  • Dalam layar kamu akan diminta memasukan password baru untuk layanan internet banking berjumlah 6 digit. Password tidak harus sama dengan password ATM.
  • Ulangi password yang tadi kamu masukan.
  • Nah, apabila sukses…maka pada mesin ATM akan muncul USERID internet banking lalu pada struk juga akan tercetak USER ID dan password.
  • Ingat! Simpan struk ditempat yang aman atau kamu bisa menulis informasi yang tertera pada hp. Intinya jangan sampai hilang datanya.

Untuk mengetahui apakah layanan BRI internet banking kamu sudah aktif, silahkan menuju https://ib.bri.co.id

  • Masukan USER ID dan password serta masukan kode captchanya
  • Klik masuk, maka kamu disuruh membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Saya harap kamu membacanya, jika setuju klik “setuju”.
  • Selanjutnya kamu diminta merubah password dan memasukan email.
  • Sampai tahap ini, internet banking BRI kamu sudah aktif.

Sampai disini, kamu hanya bisa melakukan cek saldo dan pemindahan buku saja. Transakasi lain seperti transfer, pembayaran dan lain-lain belum bisa dilakukan sebelum kamu mengaktifkan mToken.

Cara Aktivasi mToken BRI

Setelah kamu mengganti password internet banking dan sudah masuk, selanjutnya klik pada menu mToken dan pilih aktivasi mToken.

Pada halaman ini, kamu disuruh memasukan kode yang telah diberikan melalui SMS saat pendafataran.

Pastikan kode server ID yang diterima via sms sama dengan yang ada di komputer. Masukan kodenya lalu tekan enter.

NB: Kode aktivasi yang diberikan lewat sms memiliki masa waktu yang terbatas, untuk itu segera lakukan aktivasi.

Sekarang kamu sudah bisa menikmati fasilitas layanan BRI internet banking secara penuh. Kamu bisa cek saldo, transfer, cek mutasi dan lain-lain melalui komputer.


Keunggulan BRI Internet Banking


internet banking bri
https://www.veryfund.co/

Registrasi Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan, pembuatan BRI internet banking itu sangat mudah. Bisa dilakukan di ATM atau bisa dengan bantuan CS.

mToken Bukan Perangkat Tambahan

Ini yang unik, layanan internet banking tidak memakai perangkat tambahan. Simplenya, mToekn hanya digunakan sebagai pengaman yang fungsinya untuk menerima kode via SMS.

Semakin mudah karena nasabah tidak usah repot-repot membawa perangkat tambahan sebagai token, tetapi memakai no hp sebagai penerima kode token saat sedang melakukan transaksi.

Keamanan Berlapis

Jangan salah, meskipun mToken tidak memiliki alat tambahan bukan berarti sistem keamanannya lemah. Karena BRI internet banking sudah menggunakan teknologi keamanan berlapis.

Selain itu tampilan situs BRI juga sangat user friendly. Kamu yang tidak terbiasa pun akan sangat mudah mengoperasikannya.


Perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile


BRI internet
youtube.com

Ketiak kamu membuka rekenaing bank BRI, biasanya akan ditawarkan fasilitas BRI internet banking dan BRI Mobile. Nah, apa sih bedanya? Sebenarnya sama saja, yang membedakan medianya.

Internet banking menggunakan layanan internet melalui website bank BRI untuk melakukan semua transaksi. Sedangkan BRI mobile menggunakan handphone untuk bertransaksi.

Perbedaan yang lain, layanan pada BRI mobile tidak selengkap pada BRI internet banking. Seperti, BRI mobile tidak bisa melakukan transaksi isiulang e-Money dan membayar tagihan dari multi finance.

Berikan Komentar