cara membuat slime dengan lem fox

Cara Membuat Slime dari 15 Bahan Berbeda, Do it Yourself!

Cara membuat slime – Apa Itu Slime? Slime adalah cairan pekat dan lengket dengan berbagai variasi warna dan bentuk yang unik. Sekilas cairan ini terlihat seperti lendir.

Slime biasanya digunakan oleh anak-anak untuk teman bermain mereka. Sering juga digunakan untuk acara ulang tahun atau kegiatan yang bertemakan anak-anak. Atau bisa juga sebagai alat pembersih kotoran disela-sela keyboard komputer/laptop.

Bagi kita orang dewasa mungkin akan sedikit jijik jika melihat cairan ini. Namun sepertinya tidak berlaku untuk anak-anak. Mereka tanpa rasa ragu atau jijik malah memainkan slime dan mengguyurkannya kebadan mereka. Saat itu pula mereka langsung tertawa bersama anak lainnya.

cara membuat slime
gambar10.blogspot.com

Sebagai orang tua yang baik, tentu ingin melihat buah hati kita selalu ceria. Salah satu caranya adalah dengan memberi mereka mainan slime ini.

Selain mudah, cairan ini juga bisa kita buat sendiri dengan bahan-bahan disekitar kita. Yang terpenting adalah kreativitas kita untuk membentuk slime dengan berbagai variasi dan model.

Kamu juga bisa mengajak buah hati untuk ikut membuatnya. Selain mengasah kreativitas juga untuk bisa lebih dekat dengannya.

Baca: Kerajinan Tangan Tas Tali Kur, Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Mau tahu caranya? Yuk baca terus artikel ini.


Cara Membuat Slime Activator


cara membuat slime activator dengan mudah
Youtube.com

Slime activator adalah bahan berupa cairan yang digunakan untuk membuat slime. Cairan ini fungsi utamanya sebagai bahan tambahan dalam pembuatan slime.

Namun tidak semua slime membutuhkan cairan ini, karena beberapa slime sudah bisa dibuat tanpa bantuan slime activator.

Tapi tidak ada salahnya juga kita belajar bagaimana cara membuat slime activator dengan gom berikut ini.

Persiapan dan bahan :

  • GOM (bisa dibeli di apotek)
  • Air bersih
  • Tempat untuk menaruh slime activator
  • Pengaduk

Langkah-langkah membuatnya :

  1. Tuangkan GOM kedalam wadah yang telah disiapkan
  2. Kemudian tuangkan air lalu aduk hingga merata
  3. Dan slime activator-pun sudah jadi.

Video step by step membuat slime activator


Cara Membuat Slime Tanpa Borax


Borax adalah bahan kimia yang mudah larut dalam air. Borax biasanya digunakan dalam industri non pangan seperti kertas, gelas, anti septik kayu, pengawet kayu, keramik dan pengontrol kecoa.

Borax juga banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan makanan. Contohnya pada bakso, lontong, kerupuk gendar, mie dan lain-lain.

Dalam membuat slime, sangat tidak dianjurkan untuk memakai bahan boraks. Karena sangat berbahaya untuk kesehatan anak. Tentu tidak mau kan, anak kita malah sakit karena mainan slime.

cara membuat slime tanpa borax dan aman
science.wonderhowto.com

Berikut ini kami sajikan cara membuat slime tanpa borax yang aman bagi anak.  Bahan-bahan untuk membuat slime di bawah ini bisa dibeli di toko-toko dekat rumah kamu. Sudah siap?


# Cara Membuat Slime dengan Lem Fox


cara membuat slime dengan lem
Youtube.com

Yang pertama adalah menggunakan bahan lem fox. Untuk kamu yang belum tahu apa itu lem fox. Lem fox adalah lem yang biasanya digunakan untuk mengeratkan kayu, kertas, texture, koraltex dan juga bisa untuk plamur tembok.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  • Siapkan lem Fox putih 3 sendok makan
  • Air bersih 3 sendok teh
  • Baby oil 1/4 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Obat tetes mata
  • Sabun cair 1/4 sendok teh
  • Pewarna makanan 1 sendok teh
  • Wadah yang ada tutupnya
  • Pengaduk

Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Tuangkan lem fox putih dan air ke dalam wadah dan aduk hingga merata.
  2. Tuangkan juga baking powder dan aduk lagi sampai menyatu dengan campuran tadi.
  3. Masukan sabun cair, obat tetes mata dan pewarna makanan secara bersamaan. Aduk kembali adonan tersebut hingga terasa kenyal.
  4. Dari sini sebenarnya slime sudah jadi kita buat. Tinggal kita mengatur tingkat kekenyalan dan warnanya saja.
  5. Jika sudah mendapatkan slime sesuai yang diinginkan, tinggal masukan cairan baby oil kedalam slime tersebut supaya tidak lengket.
  6. Terakhir, letakan slime di wadahnya dan jangan lupa untuk menutupnya.

Mudahkan ? Untuk yang masih bingung bisa menyimak video berikut ini.


# Cara Membuat Slime dengan Lem Kertas


cara membuat slime dari lem kertas
anggitadewi943.blogspot.com

Kalau pakai lem fox terasa ribet, bisa menggunakan cara ini. Bahan yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Do it your self..

Bahan dan alat :

  • Satu botol lem kertas cair
  • Gom/obat sariawan
  • Pewarna makanan
  • Wadah (mangkuk)
  • Pengaduk

Langkah-langkah pembuatannya :

  1. Tuangkan lem kertas ke dalam wadah.
  2. Tambahkan pewarna makanan hingga membentuk warna yang diinginkan.
  3. Teteskan beberapa gom kedalam campuran tersebut dan aduk hingga merata dan menggumpal
  4. Dan slime pun sudah jadi. Tambahkan variasi seperti di kasih hiasan mata agar slime buatan kamu makin unik.

Simak video cara membuat slime dengan lem kertas berikut yang saya ambil dari youtube.


# Cara Membuat Slime yang Bisa Dimakan


Selain untuk bermain, ternyata slime juga bisa dimakan lho. Tentu ini tergantung bahan yang dipakai. Nah berikut ini tutorial untuk membuat slime yang bisa dimakan.

Persiapan dan bahan :

  • 1 Kaleng susu kental manis/ bisa juga menggunakan susu bubuk.
  • Gula (opsional)
  • Satu sendok makan tepung marizena
  • 10-15 tets pewarna makanan
  • Wajan/panci

Cara pembuatan :

  1. Tuangkan satu kaleng susu ke dalam wajan atau panci.
  2. Campurkan satu sendok makan tepung maizena ke dalam susu kaleng.
  3. Panaskan campuran tersebut pada api kecil hingga mendidih dan aduk hingga merata.
  4. Jika sudah terlihat mengental, angkat wajan tesebut dan tambahkan beberapa tetes pewarna makanan hingga membentuk warna yang diinginkan.
  5. Dan slime buatan kamu sudah jadi.
  6. Dinginkan slime tersebut dan slime sudah bisa dimakan.

Mudah kan, cara membuat slime yang bisa dimakan? Masih ngga percaya kalau slime bisa dimakan? Nih, saya kasih videonya yang diupload di Youtube.


# Cara Membuat Slime dari Tepung Maizena


Pasti semuanya udah tahukan apa itu tepung maizena? sering juga orang menyebutnya dengan tepung jagung atau pati jagung. Yuk, ikuti cara membuat slime dari tepung berikut ini.

Persiapan dan bahan :

  • 1 1/2 cangkir air hangat
  • Pewarna makanan ( 3 – 4 tetes)
  • 2 cangkir maizena
  • 1 sendok teh krim tartar
  • 2 wadah (panci,mangkok,dan lain-lain)

Langkah-langkahnya :

  1. Masukan 1 1/2 cangkir air hangat ke dalam wadah yang telah disipakan.
  2. Tuangkan tiga sampai empat tetes pewarna makanan hingga warnanya menyatu dengan air.
  3. Aduk menggunakan sendok.
  4. Tuangkan tepung Maizena ke dalam wadah yang satunya lagi.
  5. Lalu tuangkan air yang telah dicampur dengan pewarna makanan ke dalam wadah yang berisi tepung. Tuangkan secara perlahan, gunakan tangan untuk mencampur bahan-bahan tersebut. Terus diaduk hingga membentuk pasta kental.
  6. Sampai di sini sebenarnya slime sudah berhasil kita buat. Tinggal kita mengatur tingkat kekentalannya. Jika terlalau encer, bisa ditambahkan tepung maizenanya. Jika terlalau kental maka tambahkan air secukupnya.
  7. Tambahkan sedikit pernak-pernik untuk menambah keunikan slime (opsional).
  8. Masukan slime yang sudah jadi ke dalam kantong plastik agar slime tetap awet.

# Cara Membuat Slime dari Serbuk Fiber


Alternative lain untuk membuat slime adalah dengan serbuk fiber,

Persiapan dan bahan :

  • Air
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Satu sendok teh (5ml) serbuk fiber
  • Satu cangkir air
  • Wadah/mangkok dari bahan stainless

Langkah-langkah pembuatannya :

  1. Campurlah satu sendok teh serbuk fiber dengan satu cangkir teh ke dalam mangkok.
  2. Teteskan pewarna makanan ke dalam adonan tersebut hingga mendapatkan warna seperti yang kamu inginkan.Aduk dan pastikan warna telah menyatu dengan adonan.
  3. Setelah semuanya tercampur, masukan adonan tersebut ke dalam microwave. Panaskan selama empat ampai lima menit dengan suhu yang tinggi. Selalu periksa agar adonan tersebut tidak mendidih.
  4. Diamkan adonan tersebut hingga dingin.
  5. Ulangi proses tersebut sebanyak 3 sampai 6 kali. Semakin banyak maka sllime akan semakin kental.
  6. Kalau sudah merasa cukup, tinggal dibiarkan slime tersebut mendingin.


# Cara Mebuat Slime dengan Jelly


cara membuat slime jelly
Youtube.com

Bahan dan alat :

  • Lem ( merk joyko, kenko,o’glu dan lain-lain)
  • Slime aktivator
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Wadah (mangkok)
  • Sendok untuk mengaduk

Langkah-langkah pembutannya:

  1. Masukan lem ke dalam mangkok.
  2. Masukan pewarna makanan (atur sesuai keinginan kamu)
  3. Aduk campuran tersebut hingga merata.
  4. Tuangkan slime aktivator dan aduk adonan tersebut hingga membentuk alime yang kental


# Cara Membuat Slime dengan Lem UHU


Bahan dan alat :

  • Pastinya siapkan lem UHU
  • Sabun cuci Sunlight
  • Wadah/mangkuk
  • Pegaduk

Langkah-langkah pembuatannya :

  1. Tuangkan lem UHU ke dalam mangkuk.
  2. Tuang sabun Sunlight, sesuaikan dengan banyaknya lem UHU.(lem UHU harus lebih banyak dari sabun Sunight agar slime mudah kenyal).
  3. Aduklah campuran tersebut hingga merata dan terasanya kenyal.

Kekurangan slime dari bahan ini adalah slime akan cepat kering.


# Cara Membuat Slime dengan Gom


Bahan dan peralatan :

  • 1 botol gom
  • 1 Botol lem cair
  • 1 sachet sabun cair
  • Wadah
  • Pengaduk

Baca Juga: Cara Membuat Slime Glow in The Dark yang Mudah Dipraktekan

Langkah-langkah membuatnya :

  1. Tuangkan saru botol lem cair ke dalam wadah yang telah disiapkan
  2. Tambahkan beberapa tetes gom.
  3. Tuangkan pula 2-4 tetes sabun cair untuk memeberikan bau harum pada slime
  4. Aduk campuran tersebut hingga merata dan menggumpal.
  5. Jika masih terasa lengket di tangan, bisa tambahkan lagi 2-3 tetes gom.


# Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal


Persiapkan bahan berikut :

  • 5 lem povinal
  • Baking powder
  • Pewarna makanan
  • 1/4 gelas air
  • Wadah untuk mengaduk adonan
  • Pengaduk adonan

Cara membuatnya :

  1. Campurkan lem povinal dan baking powder ke dalam wadah yang telah disiapkan dan aduk sampai merata.
  2. Tambahkan air kedalam adonan sembari terus diaduk.
  3. Taburkan pewarna makanan sesuai keinginan kamu.Pastikan warnaya tercampur secara merata dengan adonan.
  4. Atur kekenyalan slime. Jika terlalu kenyal, maka tambahkan lagi sedikit air.
  5. Diamkan dan simpan slime selama kurang lebih 30 menit di dalam wadah yang tertutup.
  6. Dan taraaa.. Slime buatan kamu siap dimainkan.


# Cara Membuat Slime dari Shampo


Shampo juga termasuk bahan yang aman digunakan untuk membuat slime. Yuk, ikuti caranya di bawah ini..

Alat dan bahan yang perlu disiapkan :

  • Mangkok/ baskom kecil juga boleh
  • Pengaduk/spoon/sendok
  • Air bersih
  • Shampo setengah sachet
  • 5 sendok makan lem fox
  • Detergent satu sendok makan
  • Pewarna makanan
  • Lulur Ayudya
  • Baby oil (opsional)

Langkah-langkah membuatnya :

  1. Tuangkan lem fox ke dalam tempat yang sudah disediakan.
  2. Tuang air kemudian aduk sampai merata.
  3. Campurkan shampoo ke dalam wadah tersebut sembari di aduk.
  4. Taburkan pewarna makanan secukupnya. Warna bisa dikombinasikan agar hasilnya lebih bagus. Aduk sekali lagi hingga warnanya menyatu
  5. Tambahkan lulur ayudya-nya.
  6. Aduk terus hingga adonan terasa kental dan membentuk slime.

Video cara membuat slime dari shampo..


# Cara Membuat Slime Tanpa Lem


Berikutnya kita akan membuat slime tanpa menggunakan lem. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Masker wajah Egg-Peel Off Mask
  • Lulur mandi Ayudya
  • Air (150ml)
  • Wadah utnuk menaruh adoanan slime
  • Sendok untuk mengaduk

Langkah membuat slime tanpa lem :

  1. Masukan masker wajah ke dalam wadah.
  2. Tuangkan air ke dalam wadah sebagai pengencer, cukup 50 ml saja.
  3. Aduk campuran tersebut hingga benar-benar merata.
  4. Kalau sudah merata, masukan lulur mandi Ayudya secukupnya saja.
  5. Aduk kembali campuran tersebut sampai terasa kenyal dan kental.
  6. Kalau kurang kental tinggal tambahkan saja lulur mandi Ayudya sampai benar-benar membentuk slime yang diinginkan.

# Cara Membuat Slime dari Tisu


Ternyata tisu bisa juga lho dibikin slime. Daripada dibuang menimbulkan sampah, lebih baik kita pakai untuk sesuatu yang lebih kreatif.

Persiapan alat dan bahan :

  • Tisu
  • Air bersih
  • Clear glue
  • Slime activator
  • Pewarna makanan
  • Wadah untuk menaruh bahan
  • Sendok sebagai pengaduk

Kalau sudah disiapkan semuanya, yuk langsung praktek.

  1. Sobek tisu menjadi ukuran-ukuran yang kecil
  2. Masukan sobekan tisu tadi ke dalam mangkok/wadah yang telah disiapkan.
  3. Tuangkan air secukupnya dan aduk hingga merata. Kalau tisunya dirasa kurang bisa kamu tambahi lagi.
  4. Kemudian tambahkan clear glue dan teteskan pewarna makanan secukupnya.
  5. Lalu aduk terus sampai benar-benar merata dan tambahkan slime activatornya.
  6. Aduk-aduk sampai membentuk slime.

Kalau masih kurang paham, bisa tonton video berikut ini.


# Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal


Lem povinal adalah lem kayu yang berbahan dasar tepung kanji dan dicampur dengan gom. Lem ini biasanya digunakan untuk merekatkan kayu dalam pembuatan rak, lemari, meja dan lain-lain. Lem povinal yang memiliki kegunaan lain, yaitu untuk membuat slime.

Bahan-bahan yang perlu disiapka :

  • Detergen
  • Baking powder
  • Lem povinal
  • Air bersih
  • Sendok
  • Wadah

Langkah-langkah membuat slime dari lem povinal :

  1. Masukan baking powder ke dalam wadah dan campu dengan air.
  2. Masukan lem povinal secukupnya.
  3. Tuangkan detergen.
  4. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Bisa juga dikombinasikan warnanya
  5. Setelah semuanya telah tercampur, aduk menggunakan sendok hingga benar-benar merata
  6. Kalau masih terasa lengket, bisa dicuci menggunakan air dan keringakan menggunakan tisu.
  7. Taruh slime ditempat yang kedap udara agar tidak cepat kering


# Cara Membuat Slime Bening dengan Boraks


cara membuat slime bening dengan mudah
www.instructables.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat slime bening adalah sebagai berikut:

  • Elmer clear glue
  • Boraks
  • Dua buah mangkok
  • Air hangat
  • Spoon atau sendok

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Tuangkan air ke dalam mangkok
  2. Tuangkan juga satu sendok teh boraks ke dalam mangkok tadi dan aduk hingga merata.
  3. Tuangkan 1/2 cangkir lem transparant ke dalam mangkuk satunya lagi.
  4. Tambahkan 1/2 cangkir ke dalam lem tadi. dan aduk.
  5. Campur kedua adonan tadi menjadi satu ke dalam mangkuk.
  6. Gunakan tangan kamu untuk mengaduknya.
  7. Aduk terus hingga kenyal dan membentuk slime.
  8. Untuk menjaga slime agar tidak kering, taruh slime tersebut di wadah yang tertutup.


# Cara Membuat Slime Bening Tanpa Boraks


Setelah tadi membuat slime bening dengan boraks, kini kita akan membuat slime yang lebih aman untuk anak-anak.

Bahan-bahan yang perlu disiapakan :

  • Baking soda
  • Air hangat
  • Lem cair
  • Foam Clay
  • Sendok/spoon
  • 3 wadah
  • Penyaring

Cara membuatnya :

  1. Masukan foam clay ke dalam wadah.
  2. Tuangkan air hangat dan aduk
  3. Saring campuran foam clay dengan air tadi menggunakan saringan. Di sini kita hanya akan mengambil sarinya saja.
  4. Setelah mendapatkan sarinya, masukan lem cair ke dalam air sari tadi.  Aduk secara perlahan sekitar satu menit.
  5. Tuangkan satu sendok teh baking soda ke wadah yang lain, kemudian diisi air dan aduk.
  6. Campur ke duanya menjadi satu dan aduk secara perlahan (+- 1 menit).
  7. Setelah kental dan terbentuk, angkat dan keringkan slime tersebut dengan cara di kipas.
  8. Selesai.

Kami Juga Menyediakan Slime Dengan 5 Warna Pilihan

Order Sekarang : 08380 7777789 (SMS/WA)

Baca Juga : Cara Membuat Galaxy Slime


Bisnis Slime Bisa Hasilkan Puluhan Juta per Bulan


Ternyata tidak hanya dimainkan, slime juga bisa menghasilkan uang. Seperti dalam video berikut ini, seorang anak umur 9 tahun meraup hingga 60 juta per bulan hanya dari jualan slime! Luar biasa kan.

Kamu ingin sukses jualan slime juga? ayo mulai bikin slime sekarang!

Demikian cara membuat slime dari 15 bahan berbeda yang bisa kamu coba. Semoga ada manfaat yang bisa diambil.

21 thoughts on “Cara Membuat Slime dari 15 Bahan Berbeda, Do it Yourself!

  1. Cara membuat pake lem kerta cairnya bisa diganti gak pake lem microglue,obat sariawan bisa diganti obat tetes mata merkY-rins gak,sama kalo gak pake pewarna gak papa kan..

    • Bisa… 🙂
      Kalau ngga peke pewarna juga bisa, cuman nanti slimenya kurang menarik

  2. Sliem yang bisa di makan itu boleh pakai tepung apa saja

    • kapan-kapan ya
      tunggu aja artikel berikutnya 🙂

  3. kak kalo bahan nya dari sampo sama terigu bisa ga ?

  4. Kalau obat sariawannya warnanya agak coklat kehitaman boleh di pake hak

  5. Makasih udah kasih info nya emang slime itu bisa tahan sampai berapa hari…

    • bisa sampe seminggu, asal bener penyimpanannya

  6. mau tanya kalo obat sariawannya warnanya biru tua bisa nggak apa harus gom ??

  7. Obat sariawan nya diganti sama obat tetes mata bisa gak

Berikan Komentar