berbagai jenis alat musik petik

20 Jenis Alat Musik Petik Tradisional dan Modern yang Wajib Kamu Tahu

Macam-macam alat musik petik – Tahukah kamu, bahwa alat musik telah ada sejak ribuan tahun lalu. Terbuki telah banyak ditemukan berbagai fosil yang berhubungan dengan alat musik.

Alat musik merupakan sebuah instrumen yang dibuat dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi yang harmonis. Setiap alat musik memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari cara memainkannya hingga suara yang dihasilkan.

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik dapat dibedakan menjadi alat musik yang dipetik, ditiup, ditabuh dan digesek. Untuk postingan kali ini, saya akan merangkum jenis alat musik petik disertai dengan gambarnya.

Macam-macam Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

1. Kacapi

macam-macam alat musik petik
Wikipedia.org

Kacapi merupakan alat musik petik asal Sunda. Biasanya digunakan sebagai musik utama dalam pagelaran tembang sunda atau Mamous Cianjuran. Kacapi sendiri diambil dari nama tanaman sentul, di mana kayunya digunakan sebagai bahan utama dalam membuat kacapi.

Terdapat dua bentuk kacapi yang kita kenal, yaitu kacapi perahu dan kacapi siter. Dalam suatu pagelaran, kacapi memiliki dua fungsi utama, yaitu:

Kacapi sebagai indung/induk, fungsinya memimpin musik dengan cara memberikan intro, bridges dan interlude serta menentukan tempo. Kacapi yang digunakan biasanya berukuran besar (18/20 dawai).

Kacapi rincik, fungsinya untuk mengiringi kacapi indung dengan cara mengisi ruang antar nada . Kacapi yang digunakan adalah yang berukuran kecil (15 dawai).

2. Ukulele

jenis alat musik petik tradisional
Ebay.com

Ukulele bukanlah alat musik asli Indonesia, melainkan dari Hawaii. Sepintas alat ini mirip gitar, namun dengan ukuran yang lebih kecil, sekitar 20 inci. Ukulele sendiri dalam bahasa setempat berarti “kutu loncat”. Hmmm…terdengar lucu ya guys.

Menurut sejarah yang ada, Ukulele masuk ke Indonesia sekitar tahun 1880. Dalam perkembangannya, Ukulele menjadi alat musik utama dalam musik keroncong.

Ada 4 model Ukulele:

  • Model soprano (standard)- Ukuran 33 cm
  • Model concert – Ukuran 38 cm
  • Model tenor – Ukuran 43 cm
  • Model baritone – Ukuran 48 cm

3. Jentreng / Tarawangsa

jenis alat musik petik tradisional
wacana.co

Alat musik ini berasal dari Jawa Barat dan merupakan salah satu jenis kesenian rakyat. Tidak semua daerah di Jawa Barat bisa ditemui alat musik ini. Jentreng hanya ada di daerah Rancaklong (Sumedang), Banjaran (Bandung), Cibalong, Cipatujah (Tasikmalaya Selatan) dan Kanekes (Banten Selatan)

Jentreng memiliki tujuh buah dawai/senar. Sekilas mirip dengan kacapi namun ukurannya lebih kecil. Bahan yang digunakan adalah kayu kembang (kenanga) atau dari kayu nangka. Untuk memainkannya diperlukan kelenturan dan keluwesan jari-jari tangan.

4. Banjo

jenis alat musik petik
Denverfolklore.com

Mungkin masih jarang yang mengetahui alat musik ini. Banjo merupakan instrumen yang dikembangkan oleh budak Afrika di Amerika Serikat. Intrument ini memiliki 4,5 atau 6 senar dengan selaput tipis yang membentang di atas rongga sebagai resonator.

Bagi yang suka dengan musik country pasti paham dengan alat musik ini. Karena biasanya, banjo sering dimainkan untuk mengiringi musik-musik country.

5. Hasapi

jenis alat musik petik
Pinterest.com

Alat musik tradisional hasapi berasal dari Batak Toba, sering juga disebut dengan Kecapi Batak. Ada dua jenis hasapi :

Hasapi ende (pluked lute dua senar) merupakan instrumen melodi yang dianggap paling penting dalam ensambel gondang hasapi.
Hasapi doal (pluked flude dua senar) merupakan instrumen pembawa ritem konstan.

6. Sampek

berbagai jenis alat musik petik
http://melina250399.deviantart.com/

Sampek/sampe merupakan alat musik petik khas suku Dayak. Mereka biasa menyebutnya dengan nama sape’kayaan. Bahan untuk membuatnya dari berbagai macam jenis kayu seperti kayu kapur, kayu ulin dan kayu arrow.

Dibutuhkan waktu berminggu-minggu dalam pembuataanya hingga menjadi bentuk Sampek yang sempurna. Sampek memiliki jumlah 3.4 dan 6 dawai. Alat musik ini biasanya dimainkan pada saat upacara adat atau pesta rakyat. sembari diiringi dengan tarian-tarian tradisional suku dayak.

7. Gambus

jenis alat musik petik dari bambu
youtube.com

Gambus merupakan instrumen musik yang berasal dari Timur Tengah. Fungsi dari alat ini yaitu sebagai pengiring tarian zapin dan nyanyiansewaktu diselenggarakannya acara pernikahan atau syukuran.

Alat musik gambus identik sekali dengan nyanyian-nyanyian bernafas islami. Dalam memainkan gambus, biasanya akan diiringi alat msuik lain seperti gendang untuk memperindah irama musik.

Gambus memiliki banyak jenis yang bisa di temukana di tanah Melayu. Jenis-jenis ini dibedakan berdasarkan jumlah senarnya. Ada gambus yang mempunyai 3 senar, ada juga yang mempunyai 12 senar.

8. Tunggu updatean-nya ya  🙂

Itulah macam macam alat musik petik nusantara dan mancanegara yang bisa kami rangkum. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

Berikan Komentar