makanan khas cilacap

14 Makanan Khas Cilacap yang Enak dan Bikin Ngiler, Kamu Wajib Coba

Makanan khas Cilacap – Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kota di Jawa Tengah dengan Ibukota Kota Cilacap. Di tempat ini terdapat sebuah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas 1 dan beberapa LP lainnya.

Cilacap adalah kota perpaduan antara Budaya Sunda dan Banyumasan, jadi jangan heran jika dalam kesehariannya mereka menggunakan bahasa campuran antara Sunda dan ngapak-nya orang-orang Purbalingga.

Alam kota Cilacap didominasi oleh pantai karena letak geografisnya yang berdekatan dengan samudra Hindia. Tercatat setidaknya ada sekitar 10 pantai yang ada di kota tersebut yang ramai dikunjungi wisatawan terutama saat liburan.

Selain wisata alamnya, Cilacap juga menyimpan surga dalam hal makanan. Jika kamu suka jalan-jalan dan gemar makan, tidak ada salahnya mengunjungi kota Cilacap ini. Karena kamu akan menemukan berbagai jajanan dan oleh-oleh khas Cilacap yang bisa di icip atau pun dibawa pulang.

Tapi jangan terburu-buru dulu, karena kali ini www.ngapakers.com akan memberi tahu kamu makanan khas Cilacap apa saja sich bisa bikin lidah bergoyang. Yuk, langsung saja simak ulasananya..


1. Jajanan Khas Cilacap: Thempleng


makanan khas cilacap rempeyek
http://www.wovgo.com

Thempleng adalah makanan ringan berbahan dasar tepung beras dicampur dengan bumbu khas. Di tempat lain, jajanan ini dinamakan rempeyek. Rasa dari Thempleng ini gurih dan renyah, ditambah lagi ada banyak jenis rasa yang bisa kamu coba, di antaranya rasa kacang, kedelai, teri, rebon dan kacang ijo.

Untuk mendapatkannya juga tidak sulit, jajanan ini banyak dijual di warung-warung dengan harga yang sangat terjangkau.


2. Jajanan Khas Cilacap: Lanthing


makanan khas cilacap lanting
hipwee.com

Sebelum ke pantai yang ada di Cilacap, ada baiknya kamu membeli cemilan ini. Rasanya yang gurih dan renyah sangat cocok untuk menemani santai di pinggir pantai.

Lanthing adalah cemilan dengan bahan dasar singkong. Bentuknya kecil bulat da tengahnya bolong.

Baca yuk: 24 Wisata di Purwokerto yang Bikin Kamu Pengin Cepat Liburan


3. Makanan Khas Cilacap: Mendoan


makanan khas cilacap mendoan
http://www.banyumasku.com

Saya yakin semua sudah tahu makanan ini. Karena tidak hanya di Cilacap saja kita bisa menjumpai. Tapi soal rasa tentu berbeda, mendoan Cilacap memiliki rasa yang enak, empuk dan maknyus.

Bahan dasar untuk membuat medoan adalah tempe yang di iris/potong lebar, lalu dicampur dengan adoanan tepung dan bumbu. Kemudian digoreng setengah matang. Mendoan enak disantap saat masih hangat plus kondisi hujan.


4. Gembus


makanan khas cilacap gembus
twitter.com

Bagi yang kurang familiar, gembus juga disebut dengan Donat Jawa. Bahan baku untuk membuatnya adalah singkong yang diolah sedemikian rupa, kemudian hasil olahan tersebut dibentuk seperti donat lalu digoreng.

Jika kamu berjalan di pinggiran kota Cilacap, kamu akan banyak menjumpai jajanan ini, terutama pada pagi dan sore hari.


5. Tempe Dages


makanan khas cilacap Tempe Dages
nisawae.blogspot.com

Tempe Dages adalah makanan khas Cilacap yang terbuat dari ampas tahu. Jika kamu baru mendengarnya, makanan ini bisa dikenali dari warnanya yang abu-abu dan bentuknya kotak serta padat.

Sama halnya dengan tempe mendoan, tempe Dages juga dimasak dengan cara digoreng. Soal rasa, lebih nikmat dari tempe mendoan.


6. Keripik Tempe


Keripik Tempe Cilacap

Keripik tempe lebh cocok dijadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung ke Cilacap. Karena jajanan ini cukup awet dan tahan lama. Rasa dari keripik tempe ini gurih dan renyah.


7. Salai Pisang


makanan khas cilacap Salai Pisang
http://resepdanmasakan.com

Ini nich cemilan kesukaanku. Biasanya saya memakannya saat sedang santai nonton film. Salai ini terbuat dari pisang matang yang telah dikeringkan. Rasanya renyah dan bikin ketagihan.


8. Rempeyek Yutuk


Rempeyek Yutuk
wikimedia.org

Makanan khas Cilacap berikutnya adalah rempeyek yutuk atau peyek yutuk. Nama yutuk diambil dari nama hewan laut yang bentuknya seperti udang atau kepiting. Peyek Yutuk banyak diproduksi oleh mereka yang tinggal di daerah pantai seperti Widarapayung.

Rasa gurih, renyah dan kriuknya akan selalu mengingatkan kamu pada Kota Cilacap.


9. Brekecek


Brekecek
aparwit.blogspot.com

Kamu tahu ikan Jahan? Brekecek adalah makanan asal Cilacap dengan kepala ikan Jahan sebagai bahannya. Kepala ikan Jahan yang sudah dibersihkan kemudian diberi bumbu rica-rica lalu dimasak.

Untuk menikmati makanan ini, caranya adalah dengan menyeruput isi kepala ikan Jahan tersebut. Hmmm..pasti lezat dan nikmat ya.


10. Krupuk Tengiri


Saat santai bersama teman-teman, akan makin lengkap rasanya jika ditemani dengan satu bungkus Krupuk Tengiri. Krupuk ini terbuat dari ikan Tengiri yang diolah sedemikian rupa.

Rasa ikan Tengirinya begitu kuat dan gurih tentunya. Kamu bisa jadikan Krupuk Tengiri ini oleh-oleh untuk keluarga di rumah.


11. Seafood Pantai Teluk Penyu


Pecinta makanan seafood wajib menyicipi ini. Sambil menikmati pemandangan pantai Teluk Penyu, kamu akan disuguhkan berbagai hidangan seafood khas Teluk Penyu.


12. Lepet


Makanan ringan khas Cilacap ini diolah dari beras ketan dan kelapa parut yang dibungkus dengan janur kuning. Lepet ini dihidangkan saat kandungan wanita memasuki usia tujuh bulan.

Selain itu, saat ada selamatan atau hajatan juga dengan mudah kita jumpai makanan ini.

Ada anggapan bahwa jika rasa Lepet asin maka jenis kelamin dari bayi yang dikandung adalah laki-laki, dan kalau tidak asin maka bayinya perempuan.


13. Lopis


Jajanan khas Cilacap berikutnya adalah Lopis yang bisa kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya masih alami, yaitu beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang kemudain dikukus.

Rasanya legit dan nikmat, apalagi ditambah saus gula merah dalam penyajiannya


14. Cenil


Yakin deh, kamu akan ketagihan jika sekali makan jajanan ini. Rasanya kenyal dan manis. Bahan yang dipakai juga sehat, yaitu dari pati singkong.

******
Gimana gan? tertarik berkunjung ke Kota Cilacap? Ajak-ajak ya kalau kamu hendak ke sana.

Berikan Komentar