Manfaat buah naga merah

Manfaat dan Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Serta Cara Budidayanya

Manfaat buah naga merah
Pixabay.com

Buah naga atau dalam bahasa inggris pitaya, merupakan salah satu buah jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini awalnya tumbuh di Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun kini dibudidayakan di di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Jenis-jenis Buah Naga Beserta Kandungan di Dalamnya

Saat ini ada 4 jenis/varietes dari buah naga.

1. Buah Naga Putih (Hylocereus Undatus)

jenis jenis buah naga
pixabay.com

Ciri-cirinya yaitu kulitnya berwarna merah namun dagingnya berwarna putih.

2. Buah Naga Merah ( Hylocereus Polyrhizus )

manfaat buah naga merah untuk ibu hamil
buahdaun.com

Cirinya kulit berwarna merah muda dan dagingnya merah.

3. Buah Naga Kuning (Selenicereus Megalanthus)

khasiat buah naga
fr.aliexpress.com

Jenis ini memiliki ciri kulitnya yang berwarna kuning dengan daging buah berwarna putih.

4.Buah Naga Merah Kehitaman (Hylocereus Costaricensis)

buah naga hitam untuk kesehatan
ismawati7.wordpress.com

Jenis ini dapat dikenali dari warna kulit dan dagingnya yang sangat merah.

Buah naga memiliki banyak sekali kandungan–kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan dan kekebalan imun tubuh kita. Secara umum dalam 100 gram buah naga, mengandung 60 kilo kalori, karbohidrat 11,5 gram, protein 0,53 gram, kalsium 134,5 mili gram, serat 0,71 gram, zink 0,65 mili gram, vitamin C 9,4 mili gram, serat 0,71 gram dan kandungan air yang mencapai 90%.

Berikut Kandungan – kandungan yang ada di Dalam Buah Naga

1. Vitamin C                                                                                                                                                                     Vitamin C yang terkandung di dalam buah naga memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Vitamin B1 ( Tiamin )
Seperti kita tahu, vitamin B1 berfungsi memproses karbohidrat untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

3. Vitamin B3 ( Niacin )
Suplemen vitamin B3 atau Niacin berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, jika ada yang mengalami diare, demensia dan peradangan kulit, vitamin B3 juga bisa digunakan untuk mengobati ini.

4. Vitamin B12
Ini adalah jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B12 mempunyai banyak sekali fungsi, diantaranya menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, melepaskan energi dari makanan yang kita konsumsi, memproses asam float dan membantu dalam proses sintesis DNA

5. Serat
Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat di dalam buah naga ini cukup tinggi.

6. Mineral
Mineral pada buah naga adalah fosfor dan kalsium yang memiliki peran dalam proses pembentukan tulang dan gigi.

7. Antioksidan
Antioksidan dapat mencegah radikal bebas yang menyebkan berbagai macam penyakit. Nah, buah naga ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik.

8. Protein
Dalam pembentukan struktur, fungsi, regulasi sel-sel makhluk hidup, hormon dan senyawa-senyawa lain dibutuhkan yang namanya protein. Maka dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, senyawa-senyawa tadi akan bekerja sebagaimana mestinya.

9. Zat Besi dan Kalsium 

10 Manfaat dan Khasiat Buah Naga Merah

Dari 4 jenis buah naga yang telah disebutkan diatas, buah naga merahlah yang paling banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berikut 10 manfaat buah naga merah bagi kesehatan.
1.Membantu Dalam Penyembuhan Kanker

Para dokter telah merekomendasikan buah naga sebagai terapi alami untuk membantu proses dalam penyembuhan penyakit kanker. Banyaknya kandungan-kandungan yang diperlukan tubuh dipercaya bisa membunuh sel-sel kanker dan tumor jahat.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Ini dikarenakan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Selain buahnya, kulit luarnya juga bisa dijadikan sebagai bahan lulur.

3. Dapat Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Buah naga yang memiliki banyak vitamin C, beta karoten, dan serat dipercaya bisa mengatur kadar gula darah dan mengurangi kolesterol. Selain itu bijinya juga banyak mengandung asam lemak omega 3

4. Sebagai Penangkal Radikal Bebas 

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, buah naga mampu menangkal radikal-radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

5. Bisa Menyembuhkan Penyakit Asma dan Batuk.

Asma merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan. Penyebabnya bermacam-macam, namun yang paling sering adalh faktor keturunan atau riwayat keluarga yang mempunyai penyakit asma. Buah naga memang tidak sepenuhnya bisa menyembuhkan, namun setidaknya mengurangi atau mencegah penyakit asma.

6. Merawat Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten di dalam buah naga merah dapat merawat dan mencegah kerusakan mata seperti katarak, rabun dan kebutaan.

7. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang tugasnya memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh kita, sudah seharusnya kita jaga. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga merah secara teratur. Karena telah kita ketahui, naga merah ini mengandung vitamin B1, B2, B3 dan vitamin C yang baik sekali untuk menjaga fungsi jantung.

8. Dapat Menurunkan Berat Badan dan Diet

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, buah naga bisa dijadikan partner. Kandungan serat yang melimpah dan lemaknya yang hampir tidak ada, membuat perut kamu tidak akan buncit walau dikonsumsi dalam jumlah banyak.

9. Baik Sekali Untuk Tulang dan Gigi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah naga mengandung zat besi dan kalsium. Dimana zat ini berfungsi sebagai pembentukan tulang dan otot.

10. Anti Aging/Penuaian Dini

Untuk kaum hawa, penuaian dini biasanya menjadi momok yang menakutkan. Berbagai perawatan mahal dilakukan agar wajah selalu terlihat muda. Kini kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal karena buah naga merah bisa mencegah kulit kamu dari penuaian dini/anti aging. Cukup konsumsi secara langsung atau bisa juga dibikin jus.

Cara Budidaya Buah Naga

budidaya buah naga
budidaya buah naga | Youtube.com

Setelah tadi membahas jenis, kandungan dan manfaat buah naga untuk kesehatan. Selanjutnya akan kami jelaskan juga cara menanam buah naga yang bisa kamu coba. Buah naga yang termasuk tanaman kaktus, sangat cocok sekali dibudidayakan di Indonesia.

Buah ini akan tumbuh secara optimal pada suhu 26-36 celcius dengan ketinggian 0-350 mdpl dan curah hujan 720 mm per tahun.

Memilih Bibit Buah Naga

Bibit buah naga bisa didapat dengan dua cara, yaitu dengan cara generatif dan vegetatif. Cara generatif yaitu dengan cara mengambil biji buah naga. Tentu yang diambil adalah biji yang berkualitas. Biasanya ini dilakukan oleh orang yang memang sudah ahli.

Cara kedua yaitu vegetatif. Biasanya ini yang dipilih kebanyakan pembudidaya, karena lebih mudah dan cepat menghasilkan. Cara vegetatif ini dilakukan dengan cara menyetek buah naga yang sudah dewasa.

Langkah-langkah penyetekan buah naga:

1. Cari pohon buah naga yang memang sudah berhasil menghasilkan buah, minimal 3-5 kali. Ini dilakukan agar hasil penyetekan bisa memproduksi buah naga lebih cepat.

2. Pilih batang yang besar minimal 8 cm. Pilih juga yang tua, keras dan warnanya hijau kelabu.

3. Pemotongan dilakukan terhadap batang yang panjangnya sekitar 80-120 cm. Jangan dipotong semua, sisakan sekitar 20%, bagian yang 80% akan dijadikan calon bibit.

4. Batang calon bibit tadi dipotong sekitar 20-30cm, dimana bagian atas dipotong rata dan bagian bawah atau pangkal dipotong runcing.

5. Potongan setek setidaknya mempunyai 4 mata tunas.

6. Lalu biarkan potongan batang setek tadi agar getahnya mengering. Jangan langsung ditanam karena akan menyebabkan pembusukan pada batang.

7. Siapkan polybag yang telah diisi media tanam seperti tanah.

menanam-buahnaga
kimdemangan.wordpress.com

8. Siram polybag tersebut dan tancapkan batang yang runcing sedalam 5 cm.

9. Beri sungkup atau tutup untuk melindungi setek tersebut. Siram sebanyak 2-3 hari sekali.

10. Setelah tunas pertama mulai tumbuh atau sekitar 3 minggu, buka tutup tersebut agar tunas mendapatkan sinar matahari.

11. Nah sekarang bibi buah naga sudah tumbuh. Bibit tersebut harus dipelihara kurang lebih selama 3 bulan.

Persiapan Budidaya Buah Naga

1. Pembuatan Tiang Panjat

Tiang panjat sangat penting dalam budidaya buah naga. Ini digunakan untuk menopang tumbuhnya tanaman. Biasanya untuk membuat tiang panjang digunakan beton.

Bentuk tiang panjat silinder berdiameter 15 cm dengan tinggi 2,5 m dan ditanam sedalam 50 cm. Di bagian atasnya diberi penopang dari kayu berbentuk ( + ) dan ditambahkan besi/ban bekas berbentuk lingkaran.

tiang panjat buah naga
indonesiabertanam.com

Jarak antara tiang satu dengan tiang yang lain berjarak 2,5 m. Di antara jarak itu buatlah saluran air sedalam 25 cm.

2. Pengolahan Tanah

Tiang panjat sudah jadi kita buat. Selanjutnya kita bikin olahan tanah. Bikin lubang untuk menanam bibit dengan ukuran 60×60 cm dan kedalaman 25 cm.

Campur tanah dengan 10 kg pasir untuk manambah porositas tanah. Lalu tuangkan kompos/pupuk kandang sebanyak 10-20kg. Lalu tambah dolomit atau kapur pertanian sebanyak 300 gram. Aduk hingga merata.

Setelah semuanya rata tercampur, timbun campuran tersebut pada lubang yang digali tadi. Lalu siram hingga basah namun jangan sampai tergenang. Biarkan sampai mengering.

Selang 3 hari, taburkan pupuk TSP sebanyak 25 gram. Jarak taburan sekitar 10 cm dari tiang panjat. Biarkan selama satu hari dan lubang tanam siap ditanami.

3. Saatnya Menanam Bibit Buah Naga

Pindahkan bibit dari polybag lalu gali tanah sekitar 13cm. Letakan bibit-bibit tadi pada galian tersebut dan timbun dengan tanah lalu padatkan. Satu tiang panjat digunakanuntuk 4 bibit tanaman. Tanam secara melingkar dengan jarak 10 cm dari tiang panjat.

Setelah semuanya tertananm, ikat ke 4 batang bibit tadi mendekati tiang panjat. Setiap tumbuh 30 cm lakukan pengikatan agar batang bisa menjulur ke atas.

4. Pemupukan, Penyiraman dan Pemangkasan

Pemupukan- Gunakan pupuk yang mengandung banyak unsur nitrogen (N) pada awal-awal pertumbuhan. Dan ketika berbuah gunakan pupuk yang banyak mengandung Kalium dan Fosfor.

Setiap 3 bulan sekali lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kompos dengan takaran 5-10 kg. Tambahkan juga pupuk NPK dan ZK masing-masing 50 dan 20 g tiap lubang tanamnya.

Penyiraman – Saat pembuatan tiang panjat, kita juga membuat drainase atau saluran air. Disinilah fungsi dari drainase itu. Penyiraman dengan sistem drainase dilakukan dengan mrendam parit selama 2 jam. Pada musim kemarau, penyiraman dlakukan selama 3 kali sehari.

Saat berbuah, intensitas penyiraman boleh dikurangi. Ini bertujuan agar muncul tunas baru sehingga buah bisa tumbuh maksimal. Namun kalu batang terlihat kering, bisa dilakukan penyiraman kembali.

Pemangkasan – Dalam pemangkasan budidaya buah naga, terdapat tiga tipe pemangkasan yaitu pemangkasan untuk membentuk batang pohon, membentuk cabang produksi dan peremajaan.

Pemangkasan untuk membentuk batang pokok

Pemangkasan ini dilakaukan pada batang bibit tanaman.Pilih yang batangnya panjang, besar dan kokoh.

Pemangkasan untuk membentuk cabang produksi

Dilakukan pada tunas yang tumbuh pada bagian batang pokok. Pilih 3 sampai 4 tunas untuk ditumbuhkan, yang nantinya akan menjadi batang produksi dan tumbuh menggelantung ke bawah. Tunas yang akan ditumbuhkan sebaiknya yang berada di bagian atas.

Pemangkasan peremajaan

Ini dilakukan pada cabang yang kurang produktif yang biasanya sudah berbuah 3-4 kali. Hasildari pemangkasan peremajaan ini dapat dipakai menjadi sumber bibit baru.

Masa Panen Buah Naga

www.pikiran-rakyat.com
www.pikiran-rakyat.com

Buah naga termasuk salah satu tanaman yang umurnya panjang. Siklus produksinya mencapai 14-20 tahun. Budidaya buah naga dibutuhkan kesabaran, karena tanaman akan berbuah untuk pertama kali pada umur 10-12 bulan. Namun bisa juga lebih dari itu tergantung kualitas bibit saat penanaman.

Satu tanaman bisa menghasilkan satu kg buah. Buah yang siap dipanen memiliki ciri kulitnya yang berwarna merah megkilap. Jumbainya berwarna kemerahan, warna hijaunya yang berkurang, mahkota buah mengecil dan pangkal buah mengeriput.

Nah, itulah artikel mengenai manfaat buah naga. Semoga bisa menambah wawasan dan pemgetahuan kamu.

Berikan Komentar