berburu tupai di atas dahan

Teknik Berburu Tupai Menggunakan Senapan Angin

Berburu tupai menggunakan senapan angin – Bagi kamu yang suka berburu, pasti tidak asing lagi dengan hewan ini. Hewan yang biasa hidup di pohon ini sering disebut dengan bajing. Padahal antara tupai dan bajing adalah dua jenis hewan yang sangat berbeda.

Tupai merupakan hewan mamalia kecil yang memakan serangga, sedangkan bajing merupakan hewan pengerat.

Dahulu tupai di golongkan kedalam bangsa insektivora bersama-sama dengan cerurut. Namun berdasarkan kajian kekerabatan molekular, kini tupai digolongkan ke dalam bangsa Scandentia.

Berburu itu membutuhkan skill. Apalagi hewan yang diburu adalah hewan kecil dan lincah seperti tupai. Namun skill saja tidaklah cukup, perlu alat yang memadai agar kegiatan berburu kamu tidak berakhir sia-sia.

Apa saja alatnya dan bagaimana caranya agar misi kamu dalam berburu tupai bisa sukses? yuk baca terus sampai akhir

Berburu tupai menggunakan senapan angin

berburu tupai kelapa dengan senapan angin
hobiburu.blogspot.com

 

Salah satu alat yang paling umum dan sering digunakan untuk berburu tupai adalah senapan angin. Ada beberapa jenis senapan angin yang harus kamu tahu, karena beda hewan buruan beda juga jenis senapannya.

Berikut ini 4 jenis senapan angin yang cocok untuk berburu:

1. Senapan Pompa/uklik (multi-pump)

Senapan untuk berburu tupai
www.tokopedia.com

Jenis senapan ini merupakan yang paling banyak dipakai karena harganya yang relatif murah. Kamu cukup mengeluarkan Rp 250.000-700.000 untuk bisa memiliki senapan ini.

Jangkauan tembak dari senapan pompa berkisar 0-100 m dengan jarak efektif 20-30 m. Kelebihan dari senapan ini antara lain praktis, sparepart mudah didapat dan mudah dalam perawatannya.

Kekurangannya tentu tidak bisa digunakan untuk berburu hewan besar karena jangkauan dan powernya yang kurang (<1.000 fps). Selain itu untuk menggunakannya cukup memakan waktu karena harus dipompa dulu sebelum digunakan.

Di pasaran ada dua jenis senapan pompa yang dijual, yaitu senapan pompa samping dan bawah. Tidak ada perbedaan kualitas dari keduanya, hanya penempatan pompanya saja yang berbeda. Jika kamu ingin membeli, saya sarankan pilih yang pompanya di bagian samping. Karena akan lebih mudah digunakan.

2. Senapan Tabung

senapan angin terbaik untuk berburu tupai
http://www.senapanangin.co/

Prinsip kerja dari senapan tabung sama dengan senapan pompa. Hanya saja senapan tabung tidak perlu dipompa karena sudah diisi ke dalam tabung sebelum digunakan.

Kelebihan dari senapan tabung adalah daya lontar peluru yang cukup besar hingga >1.000 fps. Dan juga bisa digunakan untuk menembak secara akurat dengan jarak >100 m. Maka dari itu, senapan tipe ini sering dijadikan pilihan utama oleh pemburu profesional.

Namun untuk memilikinya kamu perlu mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Harganya bisa jutaan rupiah. Selain itu kurang praktis karena untuk mengisi gas kedalam tabung dibutuhkan scuba.

Senapan tipe tabung dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Senapan tabung menggunakan tabung CO2 kecil, yang mana peluru/mimis didorong menggunakan tekanan gas CO2 dari dalam tabung. Daya lontar mimis tidak begitu jauh. Biasanya digunakan untuk menembak jarak dekat +/- 10m.
  • Senapan tabung menggunakan udara tekan/PCP (pre charge peneumatic). Tipe ini lebih dikhususkan untuk jarak tembak yang jauh (>100 m). Karena tekanan yang dihasilkan cukup besar yakni 2.000 – 3.000 psi.

3. Senapan Pegas/Per (spring airgun)

senapan angin untuk berburu tupai pohon
jenis-senapan-angin.blogspot.com

Senapan pegas mengunakan per untuk memompa udara yang dikonversikan menjadi tekanan untuk mendorong peluru. Ada 3 tipe senapan pegas :

  • Tipe under lever
  • Slude lever
  • Patah laras ( break barrel)

Senapan pegas memiliki kelebihan di antaranya praktis dalam penggunaan karena sekali kokang untuk sekali tembak. Bisa melumpuhkan hewan berukuran sedang.

Kekuarangannya suara yang dihasilkan cukup keras sehingga akan menakuti hewan buruan.

4. Senapan Gejluk

berburu tupai menggunakan senapan
senapanpare.com

Jenis ini merupakan kombinasi dari kemudahan senapan uklik dengan kekuatan senapan tabung. Cara kerja dari senapan gejluk adalah dengan menggunakan pompa kaki yang dipukulkan ke tanah beberapa kali untuk menghasilkan beberapa tembakan.

Biasanya satu kali gejlukan bisa menembakan 15-20 kali peluru. Tentu ini akan menghemat waktu dan tenaga kita saat berburu.

Kelebihannya bisa digunakan untuk berburu hewan-hewan besar seperti biawak, musang, babi, rusa dan lain-lain. Memiliki kestabilan yang baik saat peluru dilontarkan sehingga meningkatkan tingkat keakuratan.

Namun senapan ini memilki bobot yang cukup berat dan ukuran yang panjang.

Tempat yang bagus untuk berburu tupai

Saya yakin kamu sudah menentukan jenis senapan yang akan digunakan untuk berburu tupai. Langkah selanjutnya adalah mencari tempat yang bagus untuk memburu para tupai.

1. Kebun sawit

Tupai sangat suka berada di pepohanan yang daunnya rindang dan lebat. Cobalah untuk pergi ke kebun sawit sebab tupai sering membuat sarang disekitar di tempat ini.

2. Kebun kelapa

Selain memakan serangga, tupai juga memakan buah-buahan. Salah satu kesukaannya adalah kelapa. Biasanya tupai akan terbang/melompat dari satu pohon ke pohon lainnya.

3. Pohon cemara

cara berburu tupai
www.1freewallpapers.com

Ini adalah tempat paling nyaman bagi tupai. Carilah hutan atau tempat yang banyak pohon cemaranya. Di jamin kamu tidak akan sia-sia dalam berburu tupai.

Selain tempat, waktu juga sangat menentukan keberhasilan dalam berburu tupai menggunakan senapan angin. Biasanya waktu yang baik adalah pada pagi dan sore hari ketika para tupai mencari makanan. Jangan melakukan perburuan saat siang hari, karena saat itu tupai-tupai sedang tidur.

Tips Berburu Tupai Pohon Agar Hasilnya Memuaskan

1. Periksa kondisi senapan angin yang akan digunakan untuk berburu

Sebelum berangkat berburu, periksa senapan kamu. Apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksa juga alat pompanya jika kamu memakai senapan uklik.

2. Beri tambahan telescope pada senapan kamu

Telescope atau scope merupakan salah satu komponen penting dalam berburu tupai. Scope membantu kamu untuk melihat jarak target menjadi lebih dekat. Apalagai kalau cuaca sedang tidak bersahabat.

3. Mengatur scope

Jangan terburu-buru berangkat berburu sebelum kamu menyetel scopenya. Ikuti langka-langkah berikut ini:

  • Pastikan laras yang kamu pakai benar-benar lurus dan presisi
  • Jangan pasang dulu alat peredamnya
  • Zooming scope dipakai yang paling kecil saja
  • pastikan pemasangan scope benar-benar lurus. Cara ceknya denagn membidik secara visual dengan tanda (+) sebagai acuan.
  • Test scope dengan membidik target berjarak minimal 10 m. Bisa gunakan tembok yang diberi titik untuk mengtesnya.
  • Gunakan tumpuan saat menembak agar posisi senapan tidak bergoyang. Namun kalau skillnya sudah jago bisa abaikan cara ini
  • Pelajari fungsi masing-masing tombol di scope
  • Coba temabakan satu peluru ke arah tembok yang telah diberi titik target tadi. Perhatika arah peluru. Jika arah peluru kurang ke atas bawah, atur ulang dengan memutar tombol switch down/up.
  • Jika arah peluru melenceng ke kanan/kiri, atur dengan memutar switch left/right.
  • Atur hingga kamu mendapatkan tembakan yang benar-benar pas dengan titik target.

4. Gunakan alat pemanggil tupai (squirell call)

Alat ini berguna untuk memancing tupai keluar karena bunyi dari alat ini mirip dengan suara tupai. Alat ini terbilang cukup ampuh untuk memanggil tupai-tupai yang tidak terlihat. Kamu bisa membeli alat ini di toko-toko yang khusus menjual berbagai alat perburuan.

5. Ketajaman mata

Seperti yang kita tahu, tupai merupakan hewan yang sangat gesit dan lincah. Ketajaman mata dan ketenangan saat berburu sangat diperlukan agar tembakan kita tidak meleset.

6. Stamina

Biasanya tupai hinggap di tempat yang tinggi seperti pohon kelapa. Medan berburu tupai juga naik turun. Maka dari itu stamina yang tinggi sangat dibutuhkan saat kamu memburu tupai.

Video berburu tupai menggunakan senapan angin

Jika kamu belum mahir dalam berburu, cobalah untuk terus mengasah skill kamu. Walaupun peralatan yang dipakai sudah mumpuni kalau skill yang kita punya masih rendah tentu hasilnya akan mengecewakan.

Berburu juga harus menjaga etika . Walaupun tupai hidup di alam bebas, bukan berarti kita seenaknya sendiri memutus siklus kehidupannya.

Berikan Komentar

Pin It on Pinterest

Shares
Share This