Festival Tahunan di Jogja

4 Festival Tahunan di Jogja yang Paling ditunggu

Kota Jogjakarta merupakan Ibukota dan pusat pemerintahan dari Daerah Istimewa Jogjakarta, Indonesia. Kota yang menjadi kediaman bagi Sultan Hamengkubuwana dan Adipati Paku Alam ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di wilayah Pulau Jawa setelah Bandung dan Malang.

Memiliki pesona yang luar biasa, Kota Yogyakarta memang menjadi salah satu kota tujuan wisata utama di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Tidak heran perkembangan pariwisata di Tanah Keraton ini semakin baik, termasuk keberadaan hotel di Jogja yang semakin menjamur.

Tidak hanya memiliki destinasi wisata favorit, Jogjakarta juga memiliki keberagaman seni budaya yang kental dan dituangkan secara kreatif ke dalam beberapa festival tahunan dari Kota Gudeg ini, lho! Berikut daftar festival tahunan di Jogjakarta yang paling ditunggu-tunggu dan wajib kalian kunjungi.


Festival Kesenian Yogyakarta


Festival Kesenian Yogyakarta
minumkopi.com

Festival yang satu ini memang sudah menjadi salah satu festival tahunan di Jogja yang populer dan selalu ditunggu oleh wisatawan bahkan masyarakat lokal kota ini sendiri. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ini biasa berlangsung pada pertengahan tahun atau sekitar bulan Agustus-September tiap tahunnya selama 2 minggu.

Festival ini biasanya berpusat di Pasar Ngasem atau dekat dengan lokasi wisata Taman Sari dan Keraton Yogyakarta. Festival ini juga bisa diselenggarakan di beberapa tempat lain seperti Panggung Krapyak, Taman Kuliner Condong Catur, Balai Seni, dan juga lainnya.

Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY ini memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian tradisi masyarakat di Kota Jogja itu sendiri.

Rangkaian acara dalam Festival Kesenian Yogyakarta ini tersusun dari berbagai macam kegiatan, mulai dari pentas seni, pemutaran film, hingga Pasar Kangen yang berisi dengan barang-barang jadul dan membuat kalian bernostalgia dengan masa lampau.

Acara ini juga biasanya diadakan oleh Dinas Kebudayaan DIY sambil berpartisipasi dengan mahasiswa kampus, Pelajar SMA/SMP/SD, dan TK serta berbagai komunitas seni budaya yang ada di Jogja. Tidak hanya menampilkan kesenian, di FKY kalian juga bisa menikmati beragam kuliner serta stand-stand kerajinan.

pDalam acara ini, kalian juga bisa menikmati beragam acara hiburan lain seperti teater, musik, stand-up comedy, tari, musikalisasi puisi, pantomim, bioskop, dan juga workshop kerajinan khas Indonesia.

Berlangsung di lokasi wisata atau tempat-tempat umum, kalian tidak perlu khawatir kesulitan menemukan penginapan atau hotel di Jogja ketika ingin berkunjung ke festival ini.


Festival Grebek Maulud/Sekaten


Festival Grebek Maulud Sekaten
sportourism.i

Seluruh masyarakat Jogja sudah pasti mengenal dan tahu benar tentang pesta rakyat yang diadakan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW ini, yakni Sekaten.

Merupakan salah satu agenda wajib yang diselenggarakan oleh Keraton Kesultanan Yogyakarta, Sekaten merupakan wujud dari perayaan Maulid berupa pesta rakyat dan selamatan yang sudah menjadi tradisi Keraton Yogyakarta pada masa lampau.

Berlangsung di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, acara ini menampilkan berbagai jenis hiburan menarik serta ratusan stand kuliner, souvenir, dan berbagai permainan ala pasar malam yang berlangsung selama satu bulan penuh.

Puncak dari pesta rakyat ini adalah Grebeg Maulid/Maulud, yakni acara syukuran yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta dengan membuat gunung-gunungan berkat di Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Setelah melaksanakan selamatan, gunungan yang tersusun dari berbagai macam hasil panen akan diarak ke alun-alun dan lalu dibagikan kepada warga yang berkerumun, lengkap dengan iringan dari para prajurit Keraton dan juga abdi dalem.

Bagi para wisatawan atau pecinta fotografi, momen ini merupakan momen yang tepat untuk diabadikan dan juga dirasakan meskipun hanya sekali.


Ngayogjazz


Festival Tahunan di Jogja
Wartajazz.com

Khusus bagi para wisatawan yang juga penikmat musik jazz, event musik tahunan ini jangan sampai kalian lewatkan. Di Ngayogjazz, kalian bisa menyaksikan penampilan para musisi jazz tanah air dan juga mancanegara yang siap menghibur kalian selama semalam suntuk dengan penampilan yang memukau.

Ngayogjazz ini biasanya diadakan tiap tahun di venue-venue yang tidak biasa, seperti di daerah pedesaan yang permai dan selalu berbeda tiap tahunnya. Ngayogjazz biasanya juga diadakan di akhir tahun dengan tanggal, tempat, dan pengisi acara yang dirahasiakan hingga sebulan sebelum hari H.

Tidak hanya berlangsung di tempat yang berbeda, kalian juga bisa menikmati berbagai dekorasi unik yang sudah disiapkan oleh tim panitia yang kreatif. Kalian juga bisa memperoleh berbagai pernak-pernik menarik serta kuliner yang dijual oleh pihak sponsor acara dan juga masyarakat setempat.

Festival ini sama sekali tidak dipungut biaya. Panitia juga menyediakan shuttle bus gratis bagi para wisatawan yang ingin datang.

Karena acara ini berlangsung di desa, sebaiknya kalian sudah mempersiapkan penginapan atau hotel di Jogja yang dekat dengan lokasi dari jauh-jauh hari, khususnya ketika panitia festival ini sudah mengumumkan dimana tempat berlangsung Ngayojazz tersebut.


Festival Jajanan Kekinian dan Kekoenoan


Festival Jajanan Kekinian dan Kekoenoan
http://makankeliling.com

Selain festival seni, Jogja juga memiliki beragam festival kuliner. Khusus kalian yang gemar dengan kuliner tempo dulu, kalian bisa mengunjungi Festival Jajanan Kekoenoan yang diadakan tiap tahunnya di Jogja Expo Center (JEC).

Festival ini biasanya berlangsung selama 5 hari pada bulan akhir seperti Oktober-November. Selain kuliner jadul, kalian juga bisa mendatangi Festival Jajanan Kekinian yang berisi ragam kuliner yang sedang hitz di Jogja dan berlangsung pula di JEC.

Nah, itulah beberapa ragam festival tahunan di Jogjakarta yang paling ditunggu-tunggu dan wajib kalian kunjungi salah satunya. Festival yang pada umumnya diadakan di Pusat kota dan tentunya dekat dengan beragam hotel di Jogja ini, membuat para wisatawan dari manapun bisa datang dan juga ikut menikmati keseruannya.

Berikan Komentar