tempoyak

Tempoyak, Makanan Khas Palembang yang Unik

Tempoyak – Jika ditanya apa makanan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain selain di Palembang ? Maka jawabannya yaitu pempek, kue 8 jam, dan terakhir adalah tempoyak. Anda tidak bisa menemukan ketiga makanan tersebut jika tidak datang ke Palembang.

Meskipun untuk pempek, sudah merajalela ke seluruh Indonesia, namun keaslian pempek atau kue 8 jam dan tempoyak hanya bisa didapat di Palembang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai tempoyak, yang mana makanan tempoyak merupakan makanan khas Palembang. Hal yang membuatnya unik adalah jenis pengolahan dan juga cara memakannya. Ini dia penjelasannya.


Apa Itu Tempoyak ?


Makanan khas Palembang
http://hooikhawandsu.com

Tempoyak adalah makanan yang berasal dari Palembang dengan menggunakan bahan baku daging buah durian. Hal yang membuat tempoyak unik yaitu pembuatannya dengan menggunakan tahap fermentasi. Umumnya tempoyak disantap dengan lauk dan nasi.

Tempoyak juga bisa dimakan secara langsung meskipun jarang dilakukan. Hal ini karena keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak juga merupakan bahan bumbu yang digunakan para ibu di Palembang.

Cita rasa yang dimiliki oleh tempoyak memang unik dan berbeda. Durian memiliki rasa manis, namun tempoyak memiliki rasa asam karena fermentasi yang dilakukan pada daging buah durian.

Tempoyak dikenal di Indonesia terutama di sekitaran Palembang, kota di Sumatera sampai Kalimantan. Selain itu, tempoyak memang terkenal juga di Malaysia. Untuk membuat atau menikmatinya, tak jarang orang membuatnya bersama dengan daging ayam atau cabai yang agak pedas.


Sejarah Tempoyak


sejarah tempoyak

Bagaimana sejarahnya tempoyak bisa menjadi makanan di Palembang ? Tempoyak merupakan makanan sehari-hari yang dikonsumsi penduduk Terengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke daerah tersebut pada tahun 1836, beliau mencicipinya dan menyukai makanan tersebut.

Jika dilihat dari sejarah yang ada dalam Hikayat Abdullah, Tempoyak merupakan makanan khas rumpun melayu.
Untuk itu Palembang pasti juga mengonsumsinya, mengingat rumpun memang membawa Indonesia, Malaysia, dan khususnya daerah Sumatera dan Kalimantan memiliki rumpun yang sama. Budaya dan makananpun tidak jauh berbeda saling mempengaruhi.


Cara Membuat Tempoyak


cara membuat tempoyak
haloborneo.wordpress.com

Tempoyak bisa dikatakan cukup sulit membuatnya. Adapun tahapannya adalah :

  1. Adonan tempoyak dibuat dengan cara menyiapkan daging durian lokal dan jangan monthong. Karena durian non lokal banyak terkandung air atau gas.
  2. Durian yang dipilih haruslah masak, kemudian daging durian dipisahkan dengan bijinya dan beri sedikit garam.
  3. Setelah selesai, cobalah untuk tambahkan cabai rawit dan cabai merah. Jika anda ingin mempercepat proses fermentasinya, penambahan cabai sangatlah penting karena bisa membantu mempercepat fermentasi.
  4. Jika sudah tutup rapat-rapat dan simpan di suhu ruangan. Anda juga bisa menggunakan suhu kulkas dan menyimpannya, namun fermentasi pasti akan terhambat dan membuat tempoyak jadi dalam waktu yang lama.
  5. Tempoyak akan siap dihidangkan jika sudah difermentasi hingga 5 hari. Makanan ini bisa anda sajikan sebagai sambal untuk berbagai lauk.

Untuk anda yang tidak menyukai bau durian mungkin akan menjadi kendala. Namun tempoyak tetap menjadi makanan paling dibanggakan dan dianggap paling lezat oleh sebagian masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera dan Kalimantan.

Maka dari itu, tempoyak tidak hanya datang dari Palembang. Beberapa daerah lain juga ikut membuat tempoyak khas dari daerah mereka sebagai pengembangan.

Tempoyak sendiri sudah mulai populer, dan banyak wisatawan yang mencobanya. Terutama wisatawan dari luar negeri yang tidak tahu bagaimana buah durian dengan tingkat manis tinggi dan bau bisa diolah menjadi makanan luar biasa seperti sambal.

Apalagi tempoyak sering menjadi campuran bumbu untuk memasak makanan, hal ini tentu terlihat unik mengingat bagaimana sifat dan rasa durian ketika masih menjadi buah.

Itulah obrolan kecil kita tentang tempoyak yang unik proses pembuatannya & khas rasanya. Tapi walaupun begitu, tidak ada makanan khas Palembang apapun yang bisa mengalahkan pempek dimata para pecinta kuliner Palembang.

Tapi, bagi anda yang jauh dari Kota Palembang, mungkin agak kesulitan untuk menikmati kuliner favorit ini. Baik sulit dalam menemukan tokonya, maupun sulit dalam menemukan pempek yang asli rasanya.

Sst.. tapi sekarang, itu bukan masalah lagi. Karena teknologi yang semakin maju, banyak hal dapat terhubung lewat internet, termasuk dalam hal pembelian pempek.

Kini anda bisa memesan pempek secara online di Pempek Online hanya lewat smartphone atau laptop. Maka hanya dalam 1-2 hari, pempeknya akan sampai ke rumah anda dan siap disantap bersama keluarga anda.

Berikan Komentar